PEMBINAAN DAN PELATIHAN KADER POSYANDU TAHUN 2019 DESA KALIAU KECAMATAN SAJINGAN BESAR KABUPATEN SAMBAS

 

Desa Kaliau – Pembinaan dan Pelatihan Kader Posyandu Desa Kaliau Kecamatan Sajingan Besar dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Tingkat Daerah Tahun 2019 sudah dilaksanakan, tepatnya tanggal 25 Januari 2019, di Gedung Kantor Desa Kaliau , serta dibuka secara resmi oleh Kades Desa Kaliau , Jamel. Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Pukesmas Sajingan Besar , dr .Hendi Wijaya Kusuma Putra, Perangkat Desa Kaliau, Ibu-ibu PKK , Kader-kader Posyandu Desa Kaliau.

Kata sambutan oleh Sujono selaku Sekdes Kaliau
Kata sambutan oleh Sujono selaku Sekdes Kaliau

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pukesmas Sajingan Besar menjelaskan, Posyandu merupakan salah satu tempat bagi ibu dan balita untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, serta untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita, sekaligus memberi imunisasi dan peningkatan gizi, serta penyuluhan dan konseling kepada segenap lapisan masyarakat yang ada di sekitar Posyandu-nya masing-masing. Desa Kaliau berupaya optimal meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta ketrampilan para Kader Posayandu di Desa Kaliau, melalui Pembinaan dan Pelatihan Kader Posyandu. Diharapkannya, para Kader Posyandu yang mengikuti pembinaan dan pelatihan, dapat menjadi fasilitator dan dinamisator berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Posyandu-nya masing-masing.

Kepala pukesmas Sajingan Besar menyampaikan kata sambutan
Kepala pukesmas Sajingan Besar menyampaikan kata sambutan

Dijelaskan pula, upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan di Posyandu, bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dan para kader Posyandu saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama semua pihak, yakni pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, Kades Kaliau mengharapkan kepada semua pihak agar senantiasa berupaya optimal mendukung dan memperhatikan Posyandu, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu-nya masing-masing. Selain itu Kepala Pujesmas Sajingan Besar juga menjelaskan, ada 3 tugas Posyandu yang menjadi mimpi besar yang harus diwujudkan oleh para Kader Posyandu khususnya di Desa Kaliau, yakni proses persalinan ditagani oleh tenaga kesehatan, semua anak harus mendapatkan imunisasi yang lengkap, serta PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Penjelasan tentang Posyandu oleh dr .Hendi Wijaya Kusuma Putra, selaku Kepala Pukesmas Sajingan Besar
Penjelasan tentang Posyandu oleh dr .Hendi Wijaya Kusuma Putra, selaku Kepala Pukesmas Sajingan Besar

“Tidak ada kata terlambat untuk membangun ,mari ibu-ibu PKK berserta Kader-kader Posyandu untuk selalu berupaya optimal dalam setiap kegiatan yang berfungsi meningkatkan kesehatan dan meningkatkan kebersihan di lingkungan kita”. (Ujar Jamel Kades Kaliau )

“Saya sangat bangga dengan kader-keder Posyandu di Desa Kaliau ini ,semangat ibu-ibu kader ini patut kita acungin jempol karena mereka sudah berkerja optimal. Semoga kepedulian pemerintah semangkin meningkat serta dapat meningkatkan kesejahteraan para ibu-ibu kader Posyandu .Dan tahun ini ada kabar gembira untuk kita semua , bahwa di tahun 2019 ini akan di bangun gedung Posyandu di Dusun Ngole Desa Kaliau Kecamatan Sajingan Besar. Mari kita bersama-sama mendukung pembangunan ini agar sesuai dengan harapan kita semua”. ( Ujar Sujono Sekdes Kaliau)

Pelatihan Kader Posyandu oleh dr .Hendi Wijaya Kusuma Putra, selaku Kepala Pukesmas Sajingan Besar
Pelatihan Kader Posyandu oleh dr .Hendi Wijaya Kusuma Putra, selaku Kepala Pukesmas Sajingan Besar

“Terimakasih kepada Pemerintahan Desa Kaliau yang sangat inisiatif mengajak kami untuk bersama-sama membangun serta meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Kaliau terutama bagi ibu ,bayi serta balita .Selama ini Desa Kaliau yang sangat peduli dengan program kesehatan di desa,saya harap kerjasama ini tetap berlangsung agar kesehatan masyarakat kita semangkin membaik dan pola hidup sehat masyarakat meningkat. (Ujar dr .Hendi Wijaya Kusuma Putra )

Kader Posyandu berserta Ibu-ibu PKK fokus mendengarkan materi yang di sampaikan oleh pemateri dr .Hendi Wijaya Kusuma Putra
Kader Posyandu berserta Ibu-ibu PKK fokus mendengarkan materi yang di sampaikan oleh pemateri dr .Hendi Wijaya Kusuma Putra

 

(penulis Ijana)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan