Sanggar Bujakng Bapamang Ikut Serta Memeriahkan Acara Wonderful Indonesia – Festival Aruk 2018- Di Perbatasan

 

Desa Kaliau – Sanggar BUJAKNG BAPAMANG merupakan sanggar suku dayak yang berada di dusun Sajingan desa Kaliau yang berdiri sejak tahun 2015. Di bentuknya sanggar ini putra putri di dusun Sajingan di desa Kaliau bisa menonjolkan bakat kesenian yang di miliki. Diantaranya adalah bakat melukis atau mengukir motif-motif dayak , tari-tarian , desain baju atau pakaian adat dayak , serta membuat alat musik tradisional suku dayak yaitu sapek. Sapek adalah alat musik dawai dari suku dayak yang di manikan dengan cara di petik seperti gitar .

Sapek adalah alat musik tradisional suku dayak
Sapek adalah alat musik tradisional suku dayak

“Mendampingi Mereka tidak pernah terpikirkan untuk mencari nama baik, Terkenal atauatau menjadi yang terdepan dari siapapun. Karna Hobby sudah mendarah daging. sekarang tidak saatnya lagi unuk tampil seperti mereka karna itu sudah di lakukan dulu waktu masih seperti mereka. Tapi hobby tidak berhenti di sini,terus ada di dalam diri senyum2 mereka yang sama-sama belajar dan mepercayai menjadi jembatan dan mendampingi mereka, yang punya Talenta sangat luarr biasa”. (Ujar Ardiana )

Baju, kostum penari pria yang terbuat dari kulit kayu adalah salah satu hasil karya putra Putri dusun Sajingan desa Kaliau
Baju, kostum penari pria yang terbuat dari kulit kayu adalah salah satu hasil karya putra Putri dusun Sajingan desa Kaliau

Ini adalah salah satu karya putra putri dusun Sajingan dengan beragam macam kesenian khas suku dayak yang selalu mereka tonjolkan dan patut untuk di pertahankan serta di tingkatkan di dalam seni dan budaya.

(Penulis : Ijana)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan