Kegiatan Posyandu di Desa Kaliau

Didampingi oleh petugas kesehatan Pukesmas Kecamatan Sajingan Besar

Desa Kaliau – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

AgustionPetugas kesehatan dari pukesmas Sajingan Besar (Bidan Fitri dan Perawat)
AgustionPetugas kesehatan dari pukesmas Sajingan Besar (Bidan Fitri dan Perawat)

Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas.

 

Kader Posyandu Angrek sedang menimbang balita
Kader Posyandu Angrek sedang menimbang balita

“Harapan saya dengan adanya posyandu bisa meningkatkan kesehatan ibu dan bayi serta mengurangi angka kesakitan dan mengurangi angka kematian ibu dan bayi di desa Kaliau,” ujar Bidan Fitri.

Kader Posyandu Angrek sedang mengisi buku KMS
Kader Posyandu Angrek sedang mengisi buku KMS

“Semoga kesadaran warga desa Kaliau semangkin meningkat sehingga ibu dan bayi rutin mengikuti posyandu karna dari posyandu inilah menambah wawasan dan pengetahuan ibu untuk meningkatkan pola hidup sehat,”.

Penulis :  Ijana

Facebook Comments

2 Comments

  1. Desa kaliau secara administratif merupakan ibukota dari kecamatan sajingan besar jadi harus mampu “berbeda” dari desa desa lain dalam artian sebagai desa yg inovatif dan mampu menginspirasi desa lain. Hubungan lintas sektoral dengan puskesmas sajingan besar harus lebih ditingkatkan lagi karena desa kaliau masih perlu ditata dari segi perilaku hidup sehat, kesehatan lingkungan, dan posyandu karena kita menuju Indonesia Sehat. Kaliau bisa…. Terus berkarya untuk para pemudanya… Salam Sehat

    • Baik terimakasih atas saran dan motivasinya. Kami akan terus berusaha meningkatkan pelayanan di desa Kaliau dan terus berusaha menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan pihak kesehatan/pukesmas demi meningkatkan perilaku hidup sehat dan kesehatan lingkungan di desa Kaliau.

Tinggalkan Balasan