Semangat Anak-anak Perbatasan

Bagi mereka berjalan kaki bukan menjadi penghalang untuk meraih cita-cita

Desa Kaliau – Desa Kaliau yang terdiri dari lima dusun yaitu dusun Ngole ,dusun Tapang ,dusun Sei Enau, dusun Keranji dan dusun Sajingan dimana di dusun sajingan adalah letak kantor Camat Sajingan Besar Kabupaten Sambas . Di setiap dusun mempunyai gedung sekolah dasar (SD) tetapi ironisnya di dusun Keranji belum memiliki gedung sekolah dasar (SD) jadi masyarakat dusun Keranji menyekolahkan anak-anaknya di SDN 1 Sajingan Besar yang terletak di dusun Sajingan jarak yang di tempuh dari dusun Keranji ke dusun Sajingan kurang lebih menempuh perjalanan 1km dan tidak sedikit anak-anak berangkat dan pulang sekolah berjalan kaki .

Semangat anak-anak untuk bisa melanjutkan pendidikan dasar sangat luar biasa bahkan mereka tidak memandang lelah untuk berjalan kaki dari rumah menuju sekolahan bahkan jalan kaki di bawah panasnya terik matahari dan tidak menjadi penghalang bagi Teo berserta teman-temannya untuk meraih cita-cita mereka. Ternyata anak-anak ini juga mempunyai prestasi atau peringkat di kelas salah satunya adalah Teo siswa kelas tiga mendapatkan peringkat satu dan kiang siswa kelas dua SD juga mendapatkan peringkat satu .

“Kami senang mendapatkan peringkat di kelas apalagi dapat pujian dari guru-guru kami serta pujian dari orang tua kami & kami juga mendapatkan hadiah buku berserta tas dari sekolahan, ” ujar Teo dan Kiang.

” kami sudah biasa berangkat sekolah sampai pulang sekolah berjalan kaki ,karna orang tua kami berkerja sebagai karyawan di perkebunan kelapa sawit jadi kami sudah di biasakan mandiri sejak pertama masuk sekolah, ” ujar Teo .

“Dulu saya pernah di antar sekolah cuma satu kali saja .Setelah itu saya pergi dan pulang sekolah berjalan kaki karena kedua orang tua saya juga berkerja di perkebunan kelapa sawit. Tidak capek karena kami jalan kaki ramai-ramai sambil bermain-main di jalan sehingga rasa capek itu sudah tidak terasa lagi kak,” ujar Kiang.

Generasi muda inilah yang menjadi harapan Bangsa Negara Indonesia dan semangat anak perbatasan yang sepatutnya perlu dukungan dari Pemerintah agar semangat belajar mereka tidak terputus dalam jenjang pendidikan selanjutnya serta kualitas pendidikan prestasi anak-anak bangsa semakin meningkat terkhusus di desa Kaliau.

Penulis : Ijana

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan