Puluhan Warga Desa Kaliau Bahagia Mengikuti FGD

Desa Kaliau – Tim Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) melakukan kegiatan diskusi atau Focus Group Discussion (FGD) assesment di Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, pada Minggu, 8 Oktober 2017.

FGD tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Kaliau, Jamel. Tak lupa juga ada pembacaan doa sebelum acara dimulai.

Dalam sambutannya Kepala Desa Kaliau, Jamel, menuturkan menyambut adanya kegiatan FGD di desanya. Yang mana hal itu dinilainya penting untuk masyarakat desa dan juga aparatur desa.

Selain itu dirinya juga mengucapkan,”Kami cukup bahagia karena ada internet gratis di desanya. Pergunakan dengan dengan baik. Kami memfasiltasi. Semoga alat DBT ini tidak fusak. Tugas kita semua silakan mengakses. Jika digunakan ada rambu-rambu. Mohon, silakan didata jika ingin menggunakannya,”.

Dia berharap,”Anak sekolah dan masyarakat memanfaatkan DBT yang ada di desa. Kita sama-sama menjaga. Semoga barang ini tetap awet. Beberapa hari lalu kita coba, dengan ibu-ibu PKK. masih perlu belajar terus tentunya”.

Untuk diketahui para peserta yang hadir FGD adalah aparatur desa, lembaga adat, karang taruna, LPM, siswa/siswi SMK, PKK dan perwakilan RT dan dusun serta masyarakat. Ada sekitar puluhan yang hadir.

Proses diskusi cukup panjang. Para peserta senang ada FGD. Sebab, bagi mereka ini adalah prosese pengetahuan baru bagi mereka.

Sebagai informasi, Tim Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) di Desa Kaliau melakukan kegiatan assesment pendamping penyegaran desa broadband terpdadu (DBT) 2017 di 222 desa di Indonesia.

Desa Kaliau salah satu desa dari 222 desa di Indonesia yang menjadi percontohan dalam pelaksanaan Desa Broaband dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Terlihat jelas terpancar semringah dan bahagia dari para peserta tersebut. Mereka bersyukur adanya kegiatan FGD. Dan berharap ada proses lanjutan dan pendampingan serta proses belajar bersama.

Penulis: Estisani Sani

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan