Menggagas Internet Tepat Sasaran Untuk Masyarakat

Broadband Terpadu Desa Kaliau'
Broadband Terpadu Desa Kaliau'

Kl- Diera globalisasi saat ini, internet tidak hanya menjadi sebuah kepentingan bagi orang-orang tertentu saja. namun sudah menjadi kebutuhan pokok hampir semua kalangan untuk sekedar hiburan, mencari informasi, hingga kepentingan usaha tertentu. alasan inilah yang membuat pemerintah melalui program “Desa Broadband Terpadu” oleh KEMENKOMINFO yang direalisasikan dengan menyediakan beberapa unit komputer beserta perangkat internet Desa – desa yang belum memiliki jaringan internet dari pihak provider komersial.

Kaliau’ adalah salah satu Desa yang mendapatkan fasilitas “Broadband Terpadu”, terletak di Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas. Desa ini menjadi salah satu desa “vital” karna berada di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia.

Sebagai daerah perbatasan, tentu saja Kaliau’ mestinya menjadi wilayah yang gampang diakses dan mengakses informasi apapun. Terhitung sejak Desember tahun 2015, fasilitas broadband terpadu Desa Kaliau’ memberikan kemudahan setidaknya bagi staf desa untuk operasional pekerjaan.

Akan tetapi jumlah masyarakat yang memanfaatkan fasilitas ini masih sangat minim, hal ini disebabkan oleh beberapa kendala seperti masalah teknis perangkat, pemahaman yang terbatas tentang komputer dan internet yang membuat masyarakat enggan untuk datang dan menggunakan fasilitas yang sebetulnya diperuntukan untuk masyarakat ini.

Oleh beberapa kendala itulah, KEMENKOMINFO dan pemerintahan Desa Kaliau’ mulai menggagas beberapa pelatihan mengenai internet. Diawali dengan pelatihan bertema “Internet Marketing ”  untuk perangkat dusun dan masyarakat kelompok tani.(15-16/12)

Beberapa pelatihan lainnya mulai digagas oleh pemerintah desa Kaliau’. Pelatihan yang direncanakan aktif januari 2017 nanti, diharapkan mampu pengetahuan dasar tentang penggunaan internet, serta memberikan kesadaran akan pentingnya informasi kepada masyarakat.

Tujuan utama dari pelatihan yang akan dilaksanakan rutin tahun depan ini adalah menjadikan masyarakat kaliau’ lebih siap dalam menghadapi perubahan dan perkembangan jaman, serta potensi lainnya seperti alam dan budaya dapat diketahui oleh masyarakat luar diseluruh dunia. (Vian)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan